Laboratorium Farmakologi
  • LABORATORIUM TERPADU (LABDU)
Deskripsi:

Laboratorium ini merupakan laboratorium yang akan dibentuk oleh B2P2TOOT untuk memenuhi tuntutan kompetensi sebagai institusi yang menangani litbang hulu ke hilir tanaman obat dan obat tradisional. Toksikologi merupakan cabang dari farmakologi yang mempelajari pengaruh negatif toksikan pada makhluk hidup. Pengaruh negatif tersebut dapat berupa perubahan biologi (fisiologi) yang tidak normal dari makhluk hidup dalam waktu tertentu. Prinsip uji toksikologi sbb: • Ada persamaan sistem biokimia pada spesies hewan uji dan mekanisme sistem biologi mamalia. • Substansi uji dapat menyebabkan disfungsi dan kerusakan jaringan pada beberapa dosis pemaparan. • Data toksikologi dari hewan coba dapat digunakan untuk mengukur dosis yang tidak menyebabkan efek negatif pada manusia. • Hubungan antara konsentrasi bahan kimia pada lokasi kontak dengan pengaruh yang ditimbulkan adalah hal yang penting untuk diperhatikan.

Sarana & Prasarana:

1. Refrigerator 2. Exhaust 3. Rak tikus 4. Kandang tikus 5. Holder tikus 6. Komputer 7. Mikrofotografi Minor set 1. Alat uji analgetik 2. Alat uji antipiretic 3. Alat uji sedatif 4. Alat uji hipertensi 5. Alat uji organ terisolasi

Kegiatan:

1. Uji bahan/formula jamu, kejelasan identifikasi, karakterisasi fisik, impurity, solubility, dan stabilitas 2. Penggunaan bahan/formula jamu pada hewan cobayang memenuhi persyaratan uji toksisitas baik ketepatan hewan uji, rute aplikasi, waktu aplikasi, kondisi pemeliharaan, maupun pengamatan parameter uji.

Penanggung Jawab:

NUNING RAHMAWATI, S.Farm., Apt